Kata Share | Mas Sehat | Ston SEO Responsif Blogger Template
Diberdayakan oleh Blogger.

Selamat Tinggal Sumatera, Halo Pulau Jawa!

Bakauheni, KompasOtomotif – Setelah lebih dari tiga minggu mengeksplorasi Sumatera dari Banda Aceh, tim Avanzanation Journey wilayah Barat akhirnya tiba di ujung Selatan, tepatnya di Bakauheni, Lampung Selatan. Beragam pengalaman dan eksplorasi budaya sungguh membuka mata, bahwa kekayaan alam Indonesia begitu luar biasa.

Ketangguhan Toyota Avanza mampu membawa tim mendekati penghujung perjalanan tanpa halangan berarti. Beberapa ratus kilometer lagi, Jakarta sebagai tujuan akhir sudah mulai tampak di pelupuk mata. Namun, sebelum meninggalkan Sumatera dan sejuta kenangan, tim kembali mengunjungi salah satu ikon yang tak boleh dilewatkan.

Menara Siger
Lampung tidak hanya identik dengan gajah atau Way Kambas. Terdapat bangunan cantik mewakili budaya setempat, yaitu Menara Siger. Bangunan ini berada di Kecamatan Bakauheni, Kabupaten Lampung Selatan, dibangun di atas bukit berdekatan dengan pelabuhan yang sangat strategis sebagai tempat transit.

Menara Siger bukan monumen masa lalu melainkan simbol bangunan masa depan, representasi fenomena masyarakat Lampung. Arsitektur bangunan memasukan bentuk asli tradisional seperti paguk di bagian kiri-kanan menara sebagai perlambang perahu. Di puncak terdapat payung tiga warna (putih, kuning, dan merah) sebagai simbol tatanan sosial masyarakat Lampung.

Berdimensi tinggi 32 meter, panjang 50 meter, lebar 10 meter, serta lantai 5 tingkat. Menara berkelir kuning cerah dapat dilihat dari jauh ketika kapal akan berlabuh di Pelabuhan Bakauheni. Bahkan orang dapat melihatnya saat malam datang karena ada lampu sorot yang sekaligus dijadikan menara lampu oleh kapal-kapal yang akan merapat di Bakauheni.
Selamat Datang JawaPuas menyapa ikon terakhir di Sumatera, tim akhirnya menyeberang ke Pulau Jawa menggunakan kapal roll-n roll off (RoRo) menuju Pelabuhan Merak, Provinsi Banten. Selama dua jam di laut tim kembali berusaha menyusun memori demi memori yang menumpuk, beserta segenap pengalaman yang dirasakan tim dan Toyota Avanza sebagai mobil keluarga serba bisa.

Di Jawa, sejumlah agenda sudah menanti, termasuk mengunjungi konservasi badak bercula satu di Ujung Kulon, menyusuri berbagai daerah di Provinsi Banten. Dijadwalkan, tim wilayah Barat akan bersama-sama ketemu di Jakarta dengan tim Tengah (Kalimantan) dan Timur Maret ini.
Terima kasih telah membaca artikel tentang Selamat Tinggal Sumatera, Halo Pulau Jawa! di blog Zona Cool jika anda ingin menyebar luaskan artikel ini di mohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silakan bookmark halaman ini diwebbroswer anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :

Kata Share | Mas Sehat | Ston SEO Responsif Blogger Template