Kata Share | Mas Sehat | Ston SEO Responsif Blogger Template
Diberdayakan oleh Blogger.

Kontroversi Ferdinand Porsche di Tanah Kelahiran

Vratislavice, KompasOtomotif – Insinyur Otomotif, Ferdinand Porsche (FD), penemu kendaraan hibrida pertama lebih dari 100 tahun lalu sekaligus pendiri Porsche, ternyata tidak mendapatkan apresiasi di kampung halamannya sendiri. Warga kota Vratislavice nad Nisou (disebut Maffersdorf oleh Jerman) di Ceko, selalu menolak memberikan penghargaan, karena reputasinya "tercemar" sebagai pereka mobil masyarakat Vokswagen Beetle di rezim Nazi pimpinan Adolf Hitler.
Pameran untuk mengenang kontribusi FD dalam otomotif di tanah kelahirannya selalu mendapatkan protes keras. Eksebisi yang pertama kali dibuka pada 2010 di Cultural Center Vratislavice akhirnya ditutup tahun lalu, sebab terlalu banyak menerima komplain masyarakat yang merasa gelaran itu membangkitkan kembali memori tentang Nazi.
“FD tidak terlalu dikenal di sini. Karir dekade FD luar biasa, Ia jelas meninggalkan jejak dalam sejarah,” kata Milan Mumba, warga desa selaku penyelenggara pameran yang telah mempromosikan Porsche sejak 80-an, seperti dilansir Bloomberg, pekan lalu. Mumba dan istrinya rela menabung untuk membiayai acara peringatan karir FD di gudang miliknya.
Mobil-mobil klasik yang dipinjamkan Porsche pun akhinya ditarik kembali. Dieter Landenberger, manager peninggalan sejarah  Porsche berkilah, unit tersebut tengah mendapat giliran rotasi rutin.
Kontroversi juga pernah memanas terhadap simbol selamat datang menuju Vratislavice berkaitan dengan FD yang lahir di sana pada 1875. Pihak otoritas akhirnya mencopot simbol itu November lalu karena terlalu banyak keluhan.
PrestasiKeputusan FD meninggalkan kota kelahiran saat berumur 18 tahun, menjadikannya pengajar di salah satu perguruan tinggi di Vienna, Austria. Ia sukses mengerjakan mobil hibrida bensin-listrik yang disebut Lohner Porsche Mixte pada 1901 dan mendesain pelopor mobil balap, Prince Henry, pada 1906.
Setelah bekerja menjadi builder di Jakob Lohner & Co. dan Austro-Daimler, Ia kemudian memiliki perusahaan manufaktur mobil balap sendiri yang didirikan di Stuttgart pada 1931. FD bergabung dengan partai Nazi sejak 1937, terhitung sejak ia dikontrak bersama Volkswagen AG mengembangkan Beetle untuk masyarakat Jerman. Ia ditangkap Prancis saat Perang Dunia II kemudian dibebaskan 20 bulan setelahnya. Ia meninggal pada 1951.
“Masa lalu Eropa penuh dengan kejadian kontroversi. Ceko tidak pernah mengadakan diskusi terbuka serius untuk menyelesaikan masalah ini agar menentukan garis yang bisa diterima dan yang tidak. Menghapus orang terkenal yang terhubung dengan komunis ataupun Nazism dari sejarah bukanlah solusi,” terang Jiri Pehe, DIrektur Universitas New York di Ibu Kota Ceko, Prague.
EkonomiSelain kritikan masyarakat, proyek pameran terakhir (2012) juga meradang karena kondisi ekonomi sulit. Tercatat hanya menghasilkan Rp 2,8 juta, setengah dari tahun sebelumnya. Sementara Wakil Walikota Vratislavice, Vladimir Braun, menyebutkan biaya pemeliharaan seluruh pameran Rp 205 juta per tahun.
Bumba menolak menyerah, ia mengatakan akan terus mempromosikan kota sebagai salah satu penggalan sejarah otomotif. Kini ia mendapatkan banyak dukungan dari warga yang sebelumnya berselisih paham, pameran dijadwalkan digelar kembali Mei nanti. 
Terima kasih telah membaca artikel tentang Kontroversi Ferdinand Porsche di Tanah Kelahiran di blog Zona Cool jika anda ingin menyebar luaskan artikel ini di mohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silakan bookmark halaman ini diwebbroswer anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :

Kata Share | Mas Sehat | Ston SEO Responsif Blogger Template